Debat Kandidat Pilkada Lutra, Konsultan Politik Tidak Boleh Nimbrung

MASAMBA - Minggu siang jam 10.00 Wita tanggal 27 September 2015 besok, jika tidak ada aral melintang, KPU Luwu Utara yang menggandeng Celebes TV bakal menggelar Debat Kandidat di Aula Demokrasi KPU Lutra. Anggota Komisioner KPU Lutra, Ir. Abdul Asiz saat dikonfirmasi soal teknis pelaksanaan debat ini menjelaskan jika acara debat ini nantinya akan menggunakan tiga segmen, dengan durasi 90 menit debat ditambah 30 menit komersial break alias jeda pariwara.

“Untuk segmen pertama antar calon bupati yang akan menjawab pertanyaan. Segmen kedua para cawabup yang diberi kesempatan dan pada sesi terakhir baik bupati maupun calon wakil bupati akan diberi kesempatan untuk saling bertanya maupun menjawab pertanyaan,” jelas dia.

Abdul Asiz menambahkan, sesuai ketentuan yang baru, maka yel-yel tidak diperbolehkan, serta konsultan politik tidak diperkenankan bersentuhan langsung dengan kandidat saat acara debat berlangsung, “kita ingin kandidat konsentrasi penuh dalam menjawab pertanyaan panelis,” ucapnya lagi.

Adapun panelis yang akan bertanya seputar kompetensi ilmu yang dimiliki masing-masing antara lain adalah Pakar Tata Negara Prof. Dr. H. Hambali Talib yang juga akademisi Fakultas Hukum UMI, Pakar Pertanian Prof. Dr. Darmawan, sedangkan masalah Lingkungan Hidup dan Budaya dari NGO/akademisi, Prof. Supri Laude.

Mengenai pengamanan acara yang diramal bakal berlangsung panas ini, Abdul Asiz mengaku sudah mendapat informasi dari pihak Polres Lutra sebanyak kurang lebih 250 personil Brimob Polri dan unsur TNI akan diturunkan.

Ia berharap pendukung dan simpatisan kandidat yang bertarung agar mampu menahan diri, tidak provokatif serta menjaga keamanan dan ketertiban selama dan setelah acara debat ini berlangsung.(IR)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Cerdas, Bersahaja dan Relijius

Cerdas, Bersahaja dan Relijius