DEBAT KANDIDAT : Indah Tampil Brilyan, Arjuna Mirip SBY, Elegan dan Rada Jaim

Acara debat kandidat Pilkada Luwu Utara yang digelar di Aula Demokrasi KPU Lutra Minggu (27/09) jam 10.45 berlangsung panas. Diawali tari tradisional 4 etnis, acara debat ini menyedot perhatian publik Luwu Utara.

Membawakan sambutan, Ketua KPU Lutra Suprianto, SH mengatakan bahwa acara Debat Kandidat ini adalah rangkaian dari kegiatan kampanye, agar publik mengetahui visi misi kedua pasangan kandidat yang bertarung serta sebagai sarana pembelajaran demokrasi.

Diberi kesempatan pertama oleh host Aswar Hasan, yang juga Ketua KIP Sulsel, tentang pemaparan visi misi, pasangan dengan nomor urut 1 Indah-Thahar menyebut visi pasangan ini jika kelak terpilih adalah “Luwu Utara yang Religius dengan Pembangunan yang Berkualitas dan Merata yang berlandaskan Kearifan Lokal”. 

Lebih lanjut Indah menjelaskan ada 6 Misi yang akan ia emban kelak, yaitu :

1.    Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang relijius, bersih dan efektif, demokratis, dan terpercaya.
2.    Mewujudkan peningkatan derajat kesehatan.
3.    Mewujudkan pembangunan pendidikan berkualitas, kepemudaan, budaya dan masyarakat hukum adat.
4.    Mewujudkan kemandirian ekonomi, pembangunan infrastruktur dan iklim investasi.
5.    Mewujudkan Pengelolaan lingkungan hidup, Pariwisata dan rumah sehat.
6.    Mewujudkan penurunkan tingkat ketimpangan pendapatan regional  dan penciptaan lapangan keamanan yang kondusif.

Pada segmen kedua pendalaman visi misi, pasangan nomor urut 1 memprioritaskan pada sektor kesejahteraan rakyat utamanya petani dan faktor keamanan dengan apa yang ia sebut sebagai Program Desa Mandiri Aman. Indah ingin agar situasi desa yang aman ini mengadopsi sistem Pecalang di Bali, dimana pelibatan putra daerah dan masyarakat adat setempat diberi kesempatan untuk menata dan mengamankan wilayahnya masing-masing sehingga peran tokoh dan pemuda setempat diberdayakan secara maksimal.


Sedangkan pasangan no. urut 2 Arifin Junaidi dan Andi Abdullah Rahim lebih menitikkanberatkan pada pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas SDM serta agro industri, pertanian dan kesehatan. Arjuna menilai selama ini progress pembangunan dibawah komandonya sudah berhasil dengan bukti pencapaian berupa banyaknya penghargaan yang telah ia raih.(*)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Cerdas, Bersahaja dan Relijius

Cerdas, Bersahaja dan Relijius