Banjir Terjang Palopo, Citizen Journalism Laporkan Kondisi Terkini

PALOPO - Banjir setinggi satu meter lebih, kembali melanda Kota Palopo. Setelah banjir besar tahun 2013 silam, Sabtu malam ini, 22/10 beberapa kawasan di kota Palopo diterjang luapan air Sungai Salubattang. Berita soal banjir ini diposting pertama kali oleh Harland Jhe lewat statusnya di Facebook, Sabtu malam pukul 22.49 WITA.
“Kelurahan pentojangan rw 1 dilanda banjir masyarakat pada mengungsi,” tulis Harland. Namun Harland tidak menyertakan foto.

Netizen lainnya,  di grup Facebook ANAK PALOPO bernama Umay Delta pada pukul 23.19 WITA menggunggah foto-foto banjir di kawasan Salutete Telluwanua Palopo.
“SekitarJaln poros raya salutete Kelurahan pentojangan kebanjiran, jlan raya trgenang air setinggi lutut orang dewasa.” tulis Umay di statusnya di grup diskusi tersebut.
Kicauan Umay kemudian ramai ditanggapi oleh netizen sesama member grup tersebut yang mempertanyakan lokasi dan kondisi terkini.
Masih di Facebook Jaya Hartawan salah seorang jurnalis di kota ini juga mengunggah foto tentang banjir. Foto banjir ia unggah pada pukul 00.29 WITA dengan lokasi sekitar Pentojangan Kecamatan Telluwanua.

Herawati Masdin salah seorang legislator perempuan Palopo dikabarkan juga turun langsung ke lapangan untuk memantau keadaan warga.
Alhamdulillah warga aman smua,.cuman rmh warga bax kemasukan air dan trutama di pentonjan,. Lurah,camat,warga,pemadam,badan bencana smua siaga 1,.u/ salubattang trutama di moroangin air kiriman dri pentojangan di perkirakan air mauk di pagi hari dan wrn smua suda antisipasi,. 
Krn terlihat kondisi aman,.sya suda kembali kerumah
,” tulisnya di salah satu grup Facebook.


Banjir di Palopo ini terjadi setelah hujan lebat mengguyur sejak sore hingga malam hari. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) dengan sigap turun langsung ke titik-titik yang dianggap paling parah di Kecamatan Telluwanua.
Ratusan warga dievakuasi ke Kantor Kecamatan yang berada dekat dengan Kelurahan Jaya. Belum ada laporan resmi pemerintah soal jumlah rumah yang terkena musibah ini berikut kerugian materiil dan korban jiwa.(*)

Foto-foto : Umay Delta, Jaya Hartawan, Google Maps

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Cerdas, Bersahaja dan Relijius

Cerdas, Bersahaja dan Relijius