Hari Ketiga Amsal Sampetondok Cup, PS TNI AD Bungkam Gaswa Wajo 3-2, Persilutim Dipecundangi Saputra Walmas 3-1


PALOPO - Turnamen Amsal Sampetondok Cup 2016 yang memasuki hari ketiga, Minggu 24/01 kemarin, disuguhkan dua partai cukup menarik di grup A dan C. Di grup C, Persilutim harus mengakui keunggulan Saputra Salutubu Walmas FC dengan skor 3-1 sementara di grup A, FC Gaswa Wajo harus menerima pil pahit dari PS TNI AD dengan selisih tipis 2-3. 

Kemenangan Saputra Salutubu Walmas tidak luput dari peran gelandang berkulit gelap, Stephen Menoch dan striker Osas Saha yang berasal dari Nigeria yang juga pernah merumput di Semen Padang serta tengah diikat kontrak di klub elit Sriwijaya FC. 

Gol pembuka bagi Saputra Walmas FC dipersembahkan oleh Stephen Menod (7) pada menit ke 15 hasil crossing akurat dari Lukman (77) yang dengan sekali sentuhan lewat kaki kanannya menggetarkan jala Anca (20) penjaga gawang Persilutim. Ketinggalan 1-0 tidak membuat PS Lutim gentar. Hanya saja stamina, postur dan skill pemain lokal dari kota penghasil tambang nikel ini kurang mampu mengimbangi pergerakan tim Saputra Salutubu Walmas yang bermain cukup taktis dan disiplin dalam menjaga pertahanannya. 

Beruntung pada menit ke 39, Lebu yang berhasil lepas dari pengawalan mampu membalas dan menciptakan gol ke jala Alfonsius. Skor pun berubah menjadi imbang 1-1. Sayangnya kedudukan imbang ini tidak mampu dipertahankan. Kelelahan fisik terlihat dari pemain-pemain Persilutim. Berkali-kali barisan pertahanan mereka yang dijaga oleh Iwan, Satria dan Arman berhasil ditembus oleh serangan cepat tim Saputra Walmas. Memasuki menit ke 49 Arman menjatuhkan Osas sehingga wasit menunjuk titik putih, pinalti! Osas yang menjadi algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan. Tendangan kaki kanannya yang keras menyusur tanah disebelah kanan jala Anca tidak berhasil diantisipasi, dan goooool. Skor berubah menjadi 2-1. 

Unggul 2-1, tidak membuat tempo permainan anak-anak Walmas ini menurun. Serangan demi serangan yang digencarkan cukup merepotkan anak-anak Sorowako. Walhasil, di menit 51 Osas lagi-lagi menunjukkan kelasnya sebagai pemain bintang ISL. Lewat assist Stepen ia berhasil mengecoh defender PS Lutim sebelum sontekan kaki kanannya memaksa Anca lagi-lagi harus memungut sikulit bundar dari jalanya. Skor berubah 3-1 hingga peluit panjang wasit Kang Yadi dibunyikan. 

Empat kartu kuning dihadiahkan wasit Kang Yadi dalam laga pembuka di hari ketiga ini, masing-masing untuk Satria dan Mahdar dari Persilutim dan Osas Saha serta Ivan Wahyudi dari Saputra Walmas FC. 

Sementara itu pertandingan diawal laga ini sempat molor akibat terlambatnya kubu PS Lutim tiba di Kota Palopo karena harus menempuh 3 jam perjalanan dari Soroako. Coach sekaligus merangkap Manajer PS Lutim Ambo, kepada media ini menjelaskan alasan keterlambatan yang menurutnya akibat dari informasi soal pergeseran jadwal baru ia terima Sabtu petang sehingga anak asuhnya banyak yang menduga kesebelasan ini bakal tarung di hari keempat atau hari Senin. "kami sudah berusaha hadir tapi karena informasinya sedikit agak lambat makanya kami terlambat juga hadir, karena harus mengumpulkan mereka lebih dulu," ujar Ambo seusai tim besutannya dilumat Saputra Salutubu Walmas FC dengan skor 3-1. 



Di Grup A sendiri, PS TNI AD menundukkan Gaswa Wajo dengan skor tipis 3-2. Disaksikan kurang lebih 5 ribu penonton laga ini dibabak pertama berjalan monoton, kedua tim terkesan bermain hati-hati. Kesebelasan Gaswa Wajo yang didominasi pemain berusia muda eks Habibie Cup, terlihat beberapa kali banyak melakukan kesalahan. Umpan lambung dan crossing mereka dengan mudah dipatahkan oleh tim TNI AD yang berkostum hijau-hijau ini. Menit ke 36 Irfan (10) menciptakan gol pembuka bagi tim TNI AD. Gol ini lahir berkat kejelian Irfan yang memperdaya pertahanan dan kiper Gaswa Wajo yang digawangi oleh Ciwank. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum babak pertama. 

Dibabak kedua, TNI AD banyak melancarkan serangan lewat sayap kiri pertahahan Gaswa Wajo. Mursalim sang kapten kesebelasan TNI AD pada menit ke 62 menambah lagi perbendaharaan gol bagi timnya. Kedudukan berubah menjadi 2-0. Gol berikutnya dicetak Yadi (11) pada menit ke 68 sementara Gaswa Wajo mempertipis kekalahannya dengan menciptakan dua gol tambahan, keduanya dipersembahkan oleh Reskiadi di menit ke 71 dan 72. Skor 3-2 bertahan hingga babak kedua selesai. 



Dengan kemenangan ini, Saputra Salutubu Walmas FC memantapkan langkahnya sebagai pemuncak di grup C dengan nilai 3. Sementara di grup A, TNI AD berada diposisi runner up membayangi Gaspa United A yang pada laga perdana saat pembukaan berhasil membungkam Bua NBC dengan skor 4-0. Dalam laga ini wasit Ismail Darwis mengeluarkan dua kartu kuning, semuanya diterima oleh para pemain TNI AD yakni Awaluddin dan Kemal.(Sky Pratama)






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Cerdas, Bersahaja dan Relijius

Cerdas, Bersahaja dan Relijius