Pilkades Sisa 8 Hari, Suasana 6 Desa di Lamasi dan Lamasi Timur Tetap Kondusif

Walmas - Meski Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 6 desa di Kecamatan Lamasi (4 desa) dan Kecamatan Lamasi Timur (2 desa) sisa 8 hari lagi, namun sejauh ini belum ada laporan terjadi gejolak jelang hari H yakni tanggal 26 November 2015 mendatang.
Camat Lamasi Drs. Arsul Hayam saat ditemui siang tadi (Selasa 17/11) di ruang kerjanya membeberkan suasana di Lamasi tetap terjaga dan harmonis. “Saya sudah mengadakan pertemuan  dengan semua calon kades dan mereka berjanji akan tetap menjaga hubungan baik dan suasana kondusif hingga tiba hari pencoblosan,” ujarnya.

Ia juga meminta masyarakat agar menjaga daerahnya masing-masing karena ini (Pilkades) adalah hal biasa dan tidak perlu melakukan manuver-manuver karena yang bertarung juga masih satu rumpun dan keluarga di desa masing-masing,” imbuhnya lagi.

Camat yang terbilang berprestasi ini mencontohkan dirinya yang pernah gagal  dan tidak terpilih sebagai Kades, akan tetapi garis tangannya justru menjadikan ia sebagai seorang Kepala Kecamatan yang notabene membawahi desa-desa, kenangnya sambil tersenyum. “Pilkades adalah hal biasa dan jika gagal jangan berhenti untuk terus berkarya membangun desa, saya pernah alami hal itu dan Alhamdulillah meski gagal dalam pilkades, Tuhan menentukan garis tangan saya ternyata menjadi seorang camat,” timpalnya.
Sementara itu secara terpisah, Kapolsek Lamasi yang membawahi dua kecamatan yang mengadakan Pilkades serentak, AKP Marthen Sipa, SH mengatakan dirinya sudah melakukan langkah-langkah persuasif dengan mengadakan silaturahmi mendatangi satu persatu calon kades dan meminta agar ia dan pendukungnya selalu memberi suasana aman,  nyaman dan tentram, baik sebelum maupun setelah hari pencoblosan tiba. “Sesuai arahan Kapolres, kami selalu melakukan pendekatan secara individu dan kekeluargaan, dan alhamdulillah sampai saat ini suasana 6 Desa yang akan mengadakan Pilkades tetap kondusif yakni Desa Salujambu, Desa Setiarejo, Desa Wiwitan Timur dan Desa Se’pon untuk Kecamatan Lamasi dan Desa Pompengan Timur serta Lamasi Hulu untuk Kecamatan Lamasi Timur,” jelasnya.

Namun ia mewaspadai adanya gejolak di daerah yang ia prediksi memiliki potensi untuk terjadi kegaduhan, yakni zona terjauh dari Kantor Polsek Lamasi yaitu Desa Lamasi Hulu dan Pompengan Timur.

Kapolsek Lamasi ini juga menambahkan untuk hari H Pencoblosan, pihaknya akan menurunkan sedikitnya  4 orang personil dari Polsek Lamasi di setiap TPS ditambah pasukan dari Polres Luwu sebagai BKO untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi ditambah dari unsur Bhabinkamtibmas dan TNI. Meski demikian, ia mengaku optimis semuanya akan berjalan lancar.(*)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Cerdas, Bersahaja dan Relijius

Cerdas, Bersahaja dan Relijius