2 Kandidat Kepala Desa ini Bicara Soal Pilkades Serentak di Luwu

Walmas - Pemilihan Kepala Desa alias Pilkades di Kabupaten Luwu bakal seru dan menarik. Pasalnya, sebanyak 282 orang Calon Kades ikut mendaftar di desanya masing-masing guna memperebutkan singgasana “Kepala Desa” yang bakal diadakan Kamis, 26 November 2015 mendatang. Sebanyak 91 desa di Kabupaten Luwu yang mengikuti Pilkades Serentak tahun ini, tersebar di 21 Kecamatan. 

Calkades Mansyur S
Di Kecamatan Lamasi sendiri, ada empat desa yang menyelenggarakan Pilkades yaitu : Desa Se’pon, Wiwitan Timur, Salujambu dan Desa Setiarejo. Khusus di Desa Salujambu  ada 5 bakal calon kades yang ikut berlaga. Yakni (berdasarkan nomor urut) :  Usmin – Haerullah – Mansyur S – Ismail dan Yohanis K.

Menurut Camat Lamasi, Drs. Arsul Hayam, di ruang kerjanya saat ditemui Selasa siang (17/11) lalu, Desa Salujambu memiliki peran strategis karena siapa pun yang terpilih (sebagai Kades)  di desa ini, harus memperhatikan irama dan langgam kerja dengan 5 desa lain yang berbatasan langsung dengan desa penghasil padi dan hasil kebun serta tambang galian C ini. Desa Salujambu adalah desa tertua yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Luwu Utara. Desa ini terkenal dengan temperamen anak mudanya yang sedikit keras. Maklum saja, karena Desa Salujambu berkarakter dan merupakan moyang pejuang veteran Luwu di jaman kemerdekaan dulu. Banyak pejuang veteran di daerah ini, tambah Camat yang dikabarkan orang dekat Wabup Amru Saher ini. 

Calkades Ismail
Kelima desa (penyangga) tersebut ialah Desa Awo Gading, Setiarejo, Desa To’lemo, Lamasi Hulu dan Salu Pao. “Tentu setiap kepala desa di lima desa tersebut menginginkan yang terpilih nanti adalah orang yang kapabel, bijaksana serta mampu menyelesaikan masalah bilamana dikemudian hari terjadi selisih atau masalah antar dua desa yang bertetangga,” terang Arsul. 


Nah, apa saja pandangan mereka seputar Pilkades serentak ini? Berikut penuturan Calon Kepala Desa (Calkades) Salujambu ; Mansyur S dan Ismail, yang kami rangkum dalam Info Grafis sebagai berikut :


Laporan : Iccank Razcal & Rasjal
Desain Grafis : Widi
Editor : Muh. Idrus 



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Cerdas, Bersahaja dan Relijius

Cerdas, Bersahaja dan Relijius