Cuma Dianggarkan Rp.60 Juta, Dispora Tetap Nekad Helat “Palopo Youth Fest 2016”

PALOPO – Niat Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palopo untuk memajukan Sumber Daya Manusia dari kalangan generasi muda patut diacungi jempol. Betapa tidak. Hanya dengan modal anggaran sebesar Rp.60.450.000,- event Palopo Youth Fest tetap akan dihelat pada 18 Oktober 2016 mendatang dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang setiap tahun diadakan.

Dalam jumpa pers di salahsatu cafe ternama di kota ini, Rabu sore, 05/10 Kabid Pemuda di Dinas Pemuda dan Olahraga Palopo, Nuski Masahude, menjelaskan secara rinci pendanaan serta tujuan digelarnya event ini. “Ini bentuk kepedulian bagaimana meningkatkan kualitas SDM serta memberdayakan kegiatan kepemudaan dalam bentuk Palopo Youth Fest 2016 dengan rangkaian pameran, lomba, talkshow serta seminar,”

Nuski menepis anggapan kegiatan ini hanya bersifat seremonial dan menghamburkan uang semata sementara output yang dicapai tidak jelas. Ia menjelaskan event kali ini agak berbeda dari event serupa tahun sebelumnya dengan bentuk kegiatan yang lebih banyak dan variatif.
“Kalau soal dananya hanya sebesar Rp. 60.450.000,- belum lagi pajak-pajak PPN/PPh paling bersih untuk kegiatan sekitar Rp.45 Juta,” jelasnya pada awak media yang hadir.  
 
“semua hal yang positiif berkaitan dengan kepemudaan, mulai dari pameran ekonomi kreatif, dimana ada stand bagi pemuda yang akan menampilkan kreasi mereka, baju kaos atau cindera mata, kuliner, lomba-lomba dan juga seminar tentang kesehatan, napza, pendidikan politik di kalangan pemuda serta talkshow anti korupsi yang rencananya menampilkan mantan ketua KPK, Abraham Samad,” bebernya saat sesi tanya jawab.

Sementara itu Kabag Humas Kota Palopo, Maksum Runi yang juga hadir saat jumpa pers mengatakan, bahwa dalam waktu dekat ini Pihak Pemkot akan membentuk Badan Ekonomi Kreatif dimana semua elemen usaha ekonomi kreatif telah diinventarisir diantaranya dalam berbagai bidang misalnya bidang UKM, fashion, fotografi, perfilman, seni budaya, musik, sampai IT dan lain-lain kesemuanya sangat erat kaitannya dengan SDM dari unsur generasi muda.

“Insya Allah dalam waktu dekat kita di Kota Palopo sudah punya Badan Ekonomi Kreatif dimana semua stakeholder yang bisa menggairahkan perekonomian akan kita libatkan, finalisasinya sudah dilakukan dan kita sebagai kota dari 3 kota yang ada di Sulsel memang harus siap bersaing apalagi memasuki era MEA, jadi, mohon dukungan agar ini semua bisa terlaksana dengan baik,” jelasnya yang diamini Wakil Ketua KNPI Kota Palopo beserta jajaran Dispora yang ikut hadir di Merica Cafe.(*)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Cerdas, Bersahaja dan Relijius

Cerdas, Bersahaja dan Relijius