Bupati Torut: Mari Kunjungi Toraja, Banyak Event Bagus Bulan Agustus Ini!

RANTEPAO – Jelang digelarnya Toraja Internasional Festival (TIF) 2016, Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan mengajak penikmat seni dan budaya baik lokal maupun wisatawan nusantara dan mancanegara untuk datang beramai-ramai ke destinasi pariwisata yang terletak di dataran tinggi ini.

Ditemui di Misiliana Hotel, Minggu sore 14/08, Kalatiku mengaku tengah berupaya agar jumlah kunjungan wisatawan ke daerahnya bisa terus meningkat, salah satunya dengan memperpendek jarak tempuh dengan memaksimalkan bandar udara yang ada di Makale maupun Bua, Kabupaten Luwu. Ia mengatakan, jarak tempuh lewat jalur darat amat menghabiskan energi, waktu dan biaya.

“8 jam perjalanan dari Makassar selain terlalu lama juga menghabiskan energi. Mereka tiba di Toraja dalam kondisi capek. Turis itu biasanya punya limit waktu. Jika 16 jam pulang pergi, harusnya mereka sudah bisa kunjungi 2 atau 3 objek wisata,” jelas Kalatiku.
Untuk itu, pihaknya telah melakukan lobby dengan beberapa maskapai penerbangan sambil menunggu Bandar Udara Makale selesai diperbaiki. “Kami ingin ada penerbangan dengan pesawat yang mampu memuat minimal 70 penumpang, sehingga konektivitas antar daerah wisata di Indonesia bisa diwujudkan. Dari Bali misalnya, pesawat bisa transit di Makassar lalu ke Toraja dan ke Manado,”.

Khusus Toraja Internasional Festival sendiri, Kalatiku mengatakan jika event ini adalah kolaborasi yang unik antara budaya mancanegara dan budaya lokal Toraja. “TIF ini sudah kali yang keempat diadakan, dan kali ini tempatnya ditambah di Palawa’ selain Kete Kesu’ sebagai ikon pariwisata Torut selama ini,” ujar bupati yang gemar olahraga tinju ini.   
Kalatiku yang tengah menikmati weekend bersama kerabatnya ini mengajak semua pihak agar datang dan saksikan event Internasional yang banyak digelar dalam bulan Agustus ini. “Ayo datang ke Toraja. Kami punya banyak event bagus di bulan ini. Ada TIF tanggal 17 Agustus nanti, kemarin ada Toraja Marathon, nanti tanggal 24 ada Lomba Paralayang Tingkat Dunia, Ada Toraja Explore dan banyak event lain yang sayang untuk dilewatkan,” kuncinya.(Iccank/*)

***

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Cerdas, Bersahaja dan Relijius

Cerdas, Bersahaja dan Relijius