Java Jazz Apresiasi Budaya Toraja, Syahrul Anwar Temui Dewi Gontha


JAKARTA - Terus berupaya dalam mendorong budaya dan wisata dalam setiap momen perlu dilakukan sebagai wujud komitmen untuk lebih mengembangkan potensi daerah yang ada di Sulawesi Selatan khususnya budaya Toraja.

Berkaitan hal itu, Syahrul Anwar Pays, SE yang juga Kepala Bank Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) Cabang Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, menemui Dewi Gontha Ketua Panitia Java Jazz Festival, baru-baru ini Minggu (7/3/2016) di lokasi Java Jazz Festival 2016, JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Dewi ditemui sebagai wujud terimakasih dan apresiasi yang tinggi atas tema Java Jazz tahun ini yang bernuansa etnik Toraja.
Syahrul Anwar yang juga pemerhati budaya-wisata di Sulsel ini menyerahkan cinderamata kepada putri Duta Besar Polandia , Peter F.Gontha.

Cinderamata yang diberikan putra daerah Sulsel itu berupa miniatur Tongkonan (rumah adat Toraja), kopi Arabika Toraja kelas satu (dalam kemasan bamboo) dan Buku Budaya Wisata Toraja “Cerita Tentang Toraja” yang kesemuanya dikemas dalam sebuah kantung yang didisain khusus bermotif budaya Toraja, Pa’Tedong.  

Cinderamata yang dibawa Syahrul jauh hari sebelumnya tersebut adalah hasil produksi masyarakat Toraja, yang dipesan khusus dari UD. Manalagi sebuah UKM lokal yang beralamat di  Jalan Poros Makale-Makassar, Toraja Utara.
Persiapan cinderamata itu langsung ditangani sendiri Syahrul, yang memang sudah bertekad untuk menyerahkan cinderamata sebagai ucapan syukur kepada panitia terkait tema JJF tahun ini yakni “Eksplore Indonesia Desain Toraja”
“Cinderamata ini kami berikan, bentuk ucapan terimakasih karena mengangkat Toraja untuk Indonesia di mata dunia,” ucap Syahrul sembari menyerahkan bingkisan tersebut.
Dewi Gontha yang menerima bingkisan memberi apresiasi dan memuji kekhasan adat Toraja. “Terimakasih atas cinderamata ini,” tutur Dewi usai menerima bingkisan yang memang khusus diberikan kepada pengusaha industri musik itu.

Ikut menyaksikan penyerahan cinderamata tersebut beberapa pengurus Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia diantaranya David Pajung (Sekjen PMTI), Nelli A. Dase (Pengurus PMTI-Mantan staf Kemenpar di jaman menteri Joop Ave). Ikut hadir menyaksikan penyerahan cinderamata ini Margariche Pannanangan (Pengurus PMTI juga Staf Kementerian Pariwisata RI) dan Jaffray Kaunang M Mustafa (Ketua Lingkar Pena Pariwisata Toraja/LPP-Toraja).(Wid/Ist)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Cerdas, Bersahaja dan Relijius

Cerdas, Bersahaja dan Relijius